Minggu, 11 Desember 2011

Dasar-Dasar Pemrosesan Komputer

I. Pendahuluan
Dalam rangka memenuhi tugas softskill yang telah diberikan, maka saya selaku penulis makalah ini akan menjelaskan kepada pembaca sehingga baik saya maupun pembaca lebih bisa lagi menambah wawasan luarnya mengenai ilmu tersebut. Dalam makalah kali ini saya ingin membahas tentang Dasar-Dasar Pemrosesan Komputer.
Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri
dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuksebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untukmelaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupunprogram yang diberikan kepadanya.
Definisi yang ada memberi makna bahwa komputer memiliki lebih dari satu bagianyang saling bekerja sama, dan bagian-bagain itu baru bisa bekerja kalau ada aliran listrikyang mengalir didalamnya. Istilah mengenai sekelompok mesin, ataupun istilah mengenaijutaan komponen kemudian dikenal sebagai hardware komputer atau perangkat keraskomputer.



II. Pembahasan
Arsitektur komputer
Dalam bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue Gene, dll.
Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.
Arsitektur komputer ini paling tidak mengandung 3 sub-kategori:
 Set instruksi (ISA)
 Arsitektur mikro dari ISA, dan
 Sistem desain dari seluruh komponen dalam perangkat keras komputer ini.

Peralatan input
Input device bisa diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk memasukkan data ke-
dalam komputer. Jenis input device yang dimiliki oleh komputer cukup banyak, seperti :
- Keyboard
- Alat penunjuk ( mouse, touch-screen monitor, Light Pen, Unit Remote Control)
- Alat input otomatisasi data sumber ( Scanner, MICR, EFT)
- Alat input pengenal suara (microphone)
- Alat input pengenal gambar (camera)
Dalam kehidupan sehari-hari, mata manusia juga bisa diartikan sebagai salah satu inputdevice yang berfungsi untuk memasukkan data kedalam otak manusia. Membaca bisadiartikan sebagai memasukkan data (kedalam otak manusia) melalui mata.


Pemrosesan pusat dan penyimpanan sekunder

External memory bisa diartikan sebagai memory yang berada diluar CPU. Juga disebutsebagai Secondary Storage ataupun Backing Storage ataupun Memory Cadangan yangberfungsi untuk menyimpan data dan program. Data dan program yang tersimpandidalam external memory, agar bisa berfungsi data dan program tersebut harus dipindahkan terlebih dahulu kedalam internal memory. Jenis external memory cukup
banyak.
Dalam kehidupan sehari-hari, buku, kertas, gambar foto, ataupun rekaman suara, jugabisa dikatakan sebagai external memory dari manusia. Dikatakan external memorykarena berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan data yang terletak diluar otakmanusia. Agar data-data yang ada didalam external memory tersebut bisa berfungsi bagimanusia, maka data-data tersebut, juga harus dipindahkan terlebih dahulu kedalaminternal memory, misalnya dengan cara membaca.

Peralatan output
Output device bisa diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasilpemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU kedalam suatu media yangdapat dibaca oleh manusia ataupun dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil proses.Jenis output device yang dimiliki oleh komputer cukup banyak, seperti :
• Alat output tampilan ( layar monitor, LCD proyektor)
• Alat output cetakan (printer)
• Alat output suara (speaker device)

Software
• -Perangkat Lunak system (system software) melaksanakan tugas-tugas dasar tertentuyang diperkukan semua pemakai suatu computer. Tugas-tugas ini berhubungan denganperangkat keras, dan bukan aplikasi yang dilaksanakan perusahaan.
• -Perangkat Lunak Aplikasimembantu pengelolaan sumber daya fisik dan konseptualperusahaan. Hal ini ditempuh dalam dua cara, yaitu membuat program sendiri (customprogramming) atau membeli paket jadi (prewritten package).

Peranan peralatan input/output serta software dalam pemecahan masalah.

Seperti halnya perangkat keras, perangkat lunak dapat berperan langsung atau tidaklangsung dlam pemecahan masalah. Perangkat lunak system tidak berperan langsungdikarenakan perangkat ini tidak dibuat untuk operasi tertentu dari pemakai. Perangkatlunak aplikasi, sebaliknya, dapat berperan langsung atau tidak langsung. Sebagian perangkatlunak apliksi peningkatan produktivitas organisasi dan perorangan hanya berpengaruh tidaklangsung pada pemecahan masalah, dengan menyederhanakan penciptaan dan transmisidata. namun, perangkat lunak produktivitas lain seperti spreadsheet elektronik, paketanalisis statistic dan perkiraan, sertra manajemen proyek memberikan dukungan langsung.





III. Kesimpulan
Berdasarkan penjelasan saya diatas,menyimpulkan bahwa komputer hanyalah merupakan sebuah alat; Alat yang bisa digunakanuntuk membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya. Untuk bisa bekerja, alattersebut memerlukan adanya program dan manusia. Pengertian manusia kemudian dikenaldengan istilah brainware (perangkat manusia).




IV. Daftar Pustaka
• http://id.wikipedia.org/wiki/Arsitektur_komputer
• http://www.scribd.com/doc/19195513/dasar-pemrosesan-komputer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar