Minggu, 09 Januari 2011

Manajemen Waktu

Manajemen Waktu



Bagaimana kita dapat mengatakan bahwa waktu itu telah dipergunakan secara efektif ? seseorang bisa saja sibuk dengan kegiatannya sepanjang hari, namun dirinya tidak menggunakan waktunya secara baik. Waktu efektif yang digunakan adalah permasalahan individual. Setiap orang memiliki tujuan-tujuan tertentu yang ingin ia selesaikan. Ada tujuan lebih penting dari tujuan-tujuan yang lainnya, sehingga kamu menentukan prioritasnya masing-masing. Ketika seseorang menggunakan waktunya secara efektif, waktu tersebut digunakan untuk mencapai tujuan utama hari itu juga.
Bagi sebagian orang, sudah ada rutinitas tertentu yang harus dilakukan. Sebagai contoh, sebagai seorang siswa SMU, 24 jam sehari itu sudah termasuk sekolah mungkin dari sekitar pukul 07.00 sampai sekitar pukul 14.00, dan tidur mungkin dari sekitar pukul 23.00 sampai sekitar pukul 06.00. Dengan kata lain, kedua periode tersebut, yang memakan waktu 24 jam sehari, telah ditentukan. Pekerjaan lain yang ingin atau akan dilakukan hari itu harus dilakukan dalam waktu 10 jam yang tersisa.
Pernahkah kamu memikirkan bagaimana waktumu dipakai? Waktu tersebut digunakan untuk berbagai aktivitas, seperti bekerja, makan, bersosialisasi, membaca, menonton televise, atau hal-hal lainnya. Kamu juga menghabiskan waktu untuk berfikir, membuat rencana, atau menciptakan suatu inovasi baru.
Cara kamu menggunakan waktu berubah dari waktu ke waktu secara konstan sejalan dengan perubahan minat dan kewajiban yang kamu tanggung. Penggunaan waktu kamu pda saat kamu berusia 9 tahun pastinya berbeda dengan cara kamu menggunakan waktu kamu yang sekarang ini kamu jalankan.
Salah satu dari cara pertama dalam mengembangkan penggunaan waktu adalah dengan membuat sebuah catatan bagaimana kamu menggunakan waktu kamu yang sekarang ini. Catatan yang disertai waktu akan sangat membantu penggunaan waktu kamu yang kurang efektif.

Sumber : Buku paket Ekonomi kelas XII, penerbit Erlangga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar