Senin, 10 Januari 2011

Karakteristik Seorang Pemimpin Yang Baik

Karakteristik seorang pemimpin yang baik

Ada banyak karakteristik seorang pemimpin yang baik, namun belum tentu memiliki hubungan yang sehat dan disukai oleh anak buahnya/ karyawan bawahannya. Berikut adalah beberapa hal yang dilakukan oleh seorang pemimpin yang baik yaitunya untuk memajukan perusahaan yang ia pimpin:

• Kejujuran dan keterbukaan
Mereka memberikan kepercayaan dan juga mendapatkan kepercayaan. Mereka selalu mengatakan apa yang mereka maksud dan juga bersungguh-sungguh akan apa yang mereka katakana.

• Tidak ada kecurangan
Mereka percaya kepada orang lain dengan penuh percaya diri, menjelaskan kepada orang lain apabila ada sesuatu yang tidak bisa mereka ungkapkan.

• Hormat
Mereka membantu orang lain, memberikan waktu yang berkualitas, menghargai msukan ataupun ide-ide dari orang lain, serta memperlakukan oaring lain dengan sopan.

• Keikutsertaaan
Mereka membuat orang lain individu merasa satu dengan tim, menyambut anggotanya setiap hari, memberikan kabar-kabar kepada pengikutnya terlebih dahulu sebelum memberitahukannya kepada orang luar, mereka mengundang anggotanya dalam rapat-rapat penting, serta aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial.

• Keadilan
Seorang pemimpin tidak mengenal kata favorit. Mereka memberikan kepercayaan bahwa imbalan dan kompensasi akan didistribusikan secara adil.


• Kesamaan
Mereka memberikan hak dan keistimewaan yang sama kepada semua karyawannya ataupun staff-staffnya.

• Kebanggaan
Dengan mengkomunikasikan visi dan arti, para pemimpin memberikan para individu kebanggaan dalam pekerjaan mereka. Sebagai contoh, penyapu lantai di NASA sangat bangga dalam pekerjaannya karena ia “membantu menempatkan orang di bulan”.

• Kegebiraan
Salah satu contohnya yaitu ada seorang manajer di sebuah asosiasi kartu kredit global. Pada saat piala dunia 1998, ketika Brazil melawan Skotlandia menyediakan TV layar lebar, minuman, dan makanan ringan. Para perkerjanya pun sangat menikmatinya dan mengganti waktu kerja mereka dengan senang hati.

Sumber : Buku paket Ekonomi kelas XII, penerbit Erlangga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar